SLO Genset ESDM

SLO Genset ESDM

Sertifikat Laik Operasi Genset ESDM

Pernah dengar tentang SLO genset ESDM? Pemanfaatan genset pada gilirannya terjadi baik untuk memenuhi kebutuhan personal atau bisnis.  Skala paling kecil adalah hunian dengan minimal satu unit genset sementara pemilik genset dalam jumlah besar adalah pabrik atau industri.

Skema Pengurusan SLO Genset ESDM Yang Benar

Genset erat kaitannya dengan ketenagalistrikan jadi sudah menjadi hal yang lumrah jika pemanfaatan produk ini masih menjadi perhatian Dinas ESDM. Salah satu upaya Dinas EDSM agar penggunaan genset berlangsung dengan aman dan nyaman adalah mewajibkan pengurusan SLO.

SLO genset hampir sama penting dan berpengaruhnya dengan pengurusan SLO TM/TT/TR. Mereka yang menyepelekan dan tidak mengurus SLO genset berisiko tinggi menerima sanksi administratif yang cukup berat. Lalu, bagaimana skema pengurusan SLO genset oleh perusahaan jasa profesional?

  • Lengkapi Seluruh Berkas Persyaratan

Sebelum menyerahkan pengurusan SLO genset pada perusahaan jasa Anda wajib mengumpulkan berkas persyaratannya terlebih dahulu. Tidak mengetahui detail berkas persyaratannya?

Manfaatkan fasilitas konsultasi dan peroleh semua data yang Anda butuhkan untuk melengkapi dokumen persyaratan. Selain berkas persyaratan bisa jadi Anda juga wajib membuat surat permohonan pada Dinas ESDM.

  • Bawa Berkas Persyaratan ke Perusahaan Jasa

Syarat SLO genset ESDM cukup kompleks namun bukan berarti tidak bisa Anda kumpulkan dengan baik. Mungkin butuh waktu beberapa hari bagi Anda untuk mengurus persyaratannya.

Tahap kedua, bawalah berkas persyaratan tersebut ke penyedia jasa. Ketika melakukan tahapan ini Anda sudah harus yakin dengan penyedia jasa yang bekerja sama.

  • Verifikasi Berkas oleh Penyedia Jasa

Sebelum berkas persyaratan masuk ke meja Dinas ESDM sudah menjadi tugas penyedia jasa untuk melakukan verifikasi berkas. Berkas yang masih salah harus melalui tahapan revisi.

  • Pendaftaran SLO Genset ke Dinas ESDM

Ketika semua persyaratan sudah terpenuhi dan benar maka perwakilan perusahaan jasa akan mengajukan pendaftaran SLO Anda.

  • Pemeriksaan Berkas Administrasi dan Teknis Oleh Dinas

Permohonan SLO genset yang masuk oleh Dinas ESDM akan langsung masuk ke tahapan pemeriksaan. Pemeriksaan pertama adalah pemeriksaan berkas administrasi ketika berkasnya lengkap akan mereka lanjutkan ke pemeriksaan lapangan.

  • Penerbitan SLO Genset

SLO genset yang telah terbit tandanya memenuhi persyaratan baik itu persyaratan administratif maupun lapangan. Perusahaan jasa akan menghubungi Anda untuk menginformasikannya.

Ketahui Sanksi Administratif Tidak Mengurus SLO Genset

Masih ragu untuk mengurus SLO genset? Jasa penerbitan SLO genset ESDM bisa jadi tujuan pertama Anda ketika berencana menerbitkan sertifikat tersebut. Prosesnya gampang dan tidak berbelit sebagaimana penjelasan yang kami jelaskan sebelumnya. Sebaliknya inilah risiko yang harus Anda tanggung ketika tidak mengurus SLO genset.

  • Denda

Risiko pertama adalah wajib membayar denda berdasarkan pada ketentuan UU yang berlaku. Total denda yang pemerintah tentukan setidaknya sebesar Rp500 juta. Total denda tersebut masih lebih besar daripada biaya pengurusan SLO genset yang Anda bayarkan pada perusahaan jasa maupun Dinas ESDM.

  • Pidana Penjara

Bukan hanya berisiko besar kehilangan uang ratusan juta, Anda juga bisa memperoleh pidana kurungan yang cukup lama. Masa kurungan kurang lebih selama 5 tahun lamanya. Detail sanksi ini tertera dengan jelas pada UU sehingga tidak bisa Anda ganggu gugat peraturannya.

Melihat besarnya nominal denda berikut lamanya kurungan penjara masihkah Anda tertarik untuk menyepelekan SLO genset? Prosedur pengurusan SLO genset bagi beberapa pihak sangatlah sulit maka manfaatkanlah perusahaan jasa untuk menjalani prosesnya. Anda cukup duduk manis dan terima SLO genset ESDM yang telah terbit.

Baca Juga : Biaya Pengurusan SLO

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

CALL / WA : +62 812-9288-9438

Email : info@konsultanku.com